kalendar


You Raise Me Up - Westlife
blog sejarah

12. foto dan sejarah kapal induk dan battleship jepang era Perang dunia

Senin, 12 Desember 2011

1. aircraft carrier akagi

Akagi (赤城; "Istana Kota Merah - Red Castle") merupakan kapal induk Jepang yang terlibat dalam Serangan atas Pearl Harbor. Kapal induk Akagi telah mengalami kerusakan parah pada 4 Juni 1942 akibat serangan pesawat terbang milik Angkatan Laut Amerika Serikat semasa Pertempuran Midway, dan ditenggelamkan oleh kapal pemusnah Jepang pada awal pagi 5 Juni 1942 .
Akagi, kapal induk seberat 34.364 ton, mulai dibuat di Kure, Jepang. Pada awalnya lunasnya dibangun
sebagai kapal penjelajah tempur sebelum keputusan diambil untuyk menyiapkannya sebagai kapal induk. Saat siap, Akagi merupakan salah satu dari kapal induk besar yang pertama di Jepang pada Maret 1927. Kapal induk Akagi telah dipromosikan secara besar-besaran sepanjang tahun 1935-1938 untuk meletakkan menara di sebelah pelabuhan, lain dari kebiasaan, dan juga dek penerbangan panjang penuh, Kapal induk Akagi aktif di pesisir China untuk beberapa tahun berikutnya, dan ia merupakan kapal pemerintah dalam pengeboman Pearl Harbor pada Desember 1941.
Akagi juga mengetuai kapal induk lain untuk menyerang sepanjang Hindia Timur dan Lautan India, termasuk meneggelamkan kapal induk Inggris Hermes, menghalau Sekutu keluar dari Jawa dan Sumatra dan turut menyerang Darwin di Utara Australia.
Kapal induk Akagi kemudian menyertai dalam serangan kapal induk ke kawasan Lautan India dan merupakan kapal pemerintah untuk pasukan kapal induk Jepang selama Pertempuran Midway. Pada 4 Juni 1942, ketika beroperasi di utara Pulau Midway, Akagi diserang oleh pengebom selam dari USS Enterprise dan terbakar. Usaha mencegah kerusakan gagal, dengan itu kapal induk Akagi telah ditenggelamkan oleh kapal pemusnah Jepang dengan menggunakan torpedo awal pagi berikutnya.








2. Aircraft Carrier Hiryu

Kapal induk Jepun yang terbabit dalam Serangan ke atas Pearl Harbor dalam Perang Dunia II, Hiryu (飛龍; "Naga Terbang") telah dimusnahkan pada 5 Jun 1942 oleh kapal terbang tentera laut Amerika Syarikat semasa Pertempuran Midway.

Hiryu (bahasa Jepun: 飛龍, bererti "naga terbang") adalah kapal induk kelas Soryu bagi Tentera laut Imperial Jepun. Ia terbabit dalam serangan ke atas Pearl Harbor yang memulakan Perperangan Pasifik dan ia dimusnahkan pada 5 Jun 1942 dalam serangan udara dalam Pertempuran Midway.
Kapal ini dibina menurut spesifikasi Washington Naval Treaty yang berkuat kuasa ketika itu, yang menghadkan berat ton dan persenjataannya. Akibatnya, Hiryu agak kecil sebagai kapal induk dibina khusus berbanding saingannya semasa Perang Dunia II, membawa sekitar 70 kapal terbang.







3.Battleship Yamato
Yamato (大和?) adalah kapal tempur Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dalam Perang Dunia II, sekaligus kapal utama dalam Armada Gabungan Jepang. Nama kapal ini diambil dari nama Provinsi Yamato. Sebagai kapal pertama dalam kelasnya, Yamato bersama kapal sekelasnya, Musashi merupakan kapal tempur terbesar dan terberat yang pernah dibangun. Berat kapal dengan muatan penuh 72.800 ton, dan dipersenjatai dengan sembilam meriam utama kaliber 46 cm (18,1 inci).
Kapal ini dibangun dari 1939 hingga 1940 di Arsenal Angkatan Laut Kure, Prefektur Hiroshima, dan secara resmi mulai ditugaskan pada akhir 1941. Sepanjang tahun 1941, Yamato dijadikan kapal pemimpin yang dinaiki Laksamana Isoroku Yamamoto. Kapal ini pertama kali berlayar sebagai anggota Armada Gabungan selama Pertempuran Midway Juni 1942. Selama tahun 1943, Yamato secara terus menerus dipindah-pindahkan dari Truk ke Kure, dan lalu ke Brunei untuk menghindari serangan udara Amerika Serikat terhadap pangkalan militer Jepang. Yamato hanya pernah sekali menembakkan meriam utama ke sasaran musuh. Kesempatan itu diberikan kepadanya pada bulan Oktober 1944, namun Yamato segera diperintahkan pulang setelah serangan dari kapal perusak dan pesawat-pesawat tempur dari gugus tugas kapal induk pengawal "Taffy" berhasil menenggelamkan tiga kapal penjelajah berat dalam Pertempuran Lepas Pantai Samar. Yamato karam bulan April 1945 dalam Operasi Ten-Go.







4.battleship musashi
Kapal perang Musashi adalah milik Angkatan Laut Kerajaan Jepang, diberi nama menurut nama provinsi selama Perang Dunia II dan unggulan dari Armada Gabungan Jepang. Dia adalah kapal kedua dari kelas-Yamato. Dia dan kapal kakaknya, Yamato, "adalah kapal perang terbesar dan paling kuat yang pernah dibuat", [5] menggusur 72.800 ton panjang (74.000 t) terisi penuh, dan bersenjata dengan sembilan 46 cm (18.1 in) senjata utama.

Dibangun dari 1938-1941 dan secara resmi ditugaskan pada musim panas tahun 1942, Musashi menjabat sebagai unggulan dari Admiral Isoroku Yamamoto dan Mineichi Koga pada tahun 1943. Sepanjang 1943, Musashi tetap dalam pangkalan angkatan laut di Truk Lagoon, Kure, dan Brunei, mentransfer antara mereka beberapa kali dalam menanggapi serangan udara Amerika pada basis pulau Jepang. Musashi tenggelam pada tanggal 24 Oktober 1944 oleh pesawat kapal induk Amerika Serikat selama Pertempuran Teluk Leyte..








kalau mau lihat video nya kesini ajah gan disini gan

0 komentar

Poskan Komentar

video

visitors

free counters